DOMAIN PEMBELAJARAN AFEKTIF MENURUT TEORI TAKSONOMI BLOOM

Ranah afektif adalah ranah yang berhubungan dengan sikap, nilai, perasaan, emosi serta derajat penerimaan atau penolakan suatu obyek dlam kegiatan belajar mengajar, domain ini termasuk domain yang sulit untuk dipelajari bagi siswa.

Kartwohl & Bloom (Dimyati & Mudjiono, 1994; Syambasri Munaf, 2001) membagi ranah afektif menjadi 5 kategori yaitu :
  •  Pengenalan
dalam masa iniadalah awal mula dibukanya suatu ilmu yang belum diketahui oleh murid, pengenalan merupakan langkah awal untuk memberikan ilmu yang nanti kedepan nya berguna bagi kehidupan nyata.

contoh : mengenalkan pentingnya olahraga bagi tubuh dan mengadakan olahraga rutin setiap hari jum'at
  • Responding/Menanggapi
Kategori ini berkenaan dengan jawaban dan kesenangan menanggapi atau merealisasikan sesuatu yang sesuai dengan nilai-nilai yang dianut masyarakat. Atau dapat pula dikatakan bahwa menanggapi adalah suatu sikap yang menunjukkan adanya partisipasi aktif untuk mengikutsertakan dirinya dalam fenomena tertentu dan membuat reaksi terhadapnya dengan salah satu cara. Hal ini dapat dicontohkan dengan menyerahkan laporan tugas tepat pada waktunya.

contoh : siswa memakai baju olahraga setiap jum'at pagi untuk melaksanakan senam bersama 

  • Valuing/Penilaiaan
 Kategori ini berkenaan dengan memberikan nilai, penghargaan dan kepercayaan terhadap suatu gejala atau stimulus tertentu. Peserta didik tidak hanya mau menerima nilai yang diajarkan akan tetapi berkemampuan pula untuk menilai fenomena itu baik atau buruk. Hal ini dapat dicontohkan dengan bersikap jujur dalam kegiatan belajar mengajar serta bertanggungjawab terhadap segala hal selama proses pembelajaran.
contoh : setiap murid yang mendapat nilai 100 akan diberikan permen oleh guru
  •  Organization/Organisasi/Mengelola
Kategori ini meliputi konseptualisasi nilai-nilai menjadi sistem nilai, serta pemantapan dan prioritas nilai yang telah dimiliki. Hal ini dapat dicontohkan dengan kemampuan menimbang akibat positif dan negatif dari suatu kemajuan sains terhadap kehidupan manusia.

contoh : siswa yang diajarkan membersihkan ruangan yang kotor maka saat ada kegiatan kerja bakti siswa tersebut dengan semangat langsung membantu tanpa berharap imbalan

  •  Pengalaman
Kategori ini berkenaan dengan segala cerita tentang lika liku yang telah dihadapi oleh guru lalu diceritakan kembali kepada anak muridnya supaya dapat mengikuti jejak beliau maupun menghindari sesuai dengan saran guru tersebut. pengalam sangat penting karna akan menjadi gambaran tentang apa yang akan terjadi apabila dia melakukan hal tersebut.

contoh: "dulu semasa muda, bapak guru giat berolahraga berlari keliling kampung setiap sore, alhasil bapak masih terlihat sehat di umur yang sudah 65 tahun ini" maka yang ada dalam pikiran siswa adalah harus rajin olahraga supaya sehat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL DESAIN PEMBELAJARAN BELA H BANATHY

18 NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT KEMENDIKBUD

PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN MENYENANGKAN