PEMBELAJARAN SEBAGAI SISTEM



System yang paling sederhana memiliki 3 komponen, yaitu 

MASUKAN           PROSES           KELUARAN DAN FEEDBACK.

·         KOMPONEN MASUKAN

-          Adanya kurikulum yang akan digunakan, dengan adanya kurikulum maka segala sesuatu yang diperlukan untuk mengajar sudah tersusun secara detail. Kurikulum ini juga sebagai acuan dan juga pedoman guru untuk memberikan materi apa saja kepada murid

-          Adanya peserta, peserta adalah para siswa yang akan diajarkan oleh pendidik ataupun guru. Kondisi peserta dalam suatu lingkungan kelas dapat dibandingkan seperti berikut
1.      20% low : dalam suatu kelas pasti terdapat anak yang memiliki tingkat daya tangkap yang lemah
2.      60% medium : mayoritas kelas adalah murid yang memiliki daya tangkap yang sedang sedang saja, sehingga guru dapat lebih muda menjelaskan materi yang lebih
3.      20 % high : dan yang terakhir ini adalah murid yang memiliki daya tangkap yang cepat, kalau saja guru memberikan materi lebih banyak maka Cuma 20% anak dikelas yang dapat berhasil.

Maka dari itu, antara low dan hight harus berjalan seimbang dalam suatu proses pembelajaran agar tidak ada yang tertinggal dalam proses pembelajaran.

-          Adanya Infrastruktur, infrastruktur ini sangat penting guna menunjang proses pembelajaran. Apabila tidak adanya infrasturktur yang memadai maka proses pembelajaran akan tergangu.

Misalkan, proses pembelajaran seperti jaman dulu berada di bawah pohon. Disaat hujan dating maka proses belajar akan berhenti dan menunggu hujan reda bahkan tidak diteruskan apabila hujan tidak kunjung berhenti.

-          Sarana dan Prasarana, bagian akhir dari komponen ini termasuk penunjang pembelajaran. seperti bangku untuk duduk, spidol dan papan tulis untuk menjelaskan, pulpen dan buku untuk menulis, perpustakaan untuk membaca dll.

·         KOMPONEN PROSES

-          Materi : materi adalah bahan ajar yang digunakan oleh guru terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan.

-          Metode : metode adalah cara yang digunakan agar tujuan pembelajaran tercapai

-          Media : media adalah alat bantu yang digunakan dalam proses pembelajaran seperti alat peraga, alat penampil ( computer, proyektor ) dll

-          PBP/ proses belajar mengajar : ini adalah proses dimana penggunaan materi, metode, media yang digunakan secara bersamaan yaitu saat proses pembelajaran berlangsung.

-          Evaluasi : evaluasi bertujuan untuk mengetahui apakah tujuan yang dirancang sejak awal tercapai atau tidak.

·         KELUARAN
-          Peserta memiliki kompetensi tertentu

    Apabila seorang siswa tidak memiliki kompetensi tertentu maka adanya kesalahan yang terjadiyang harus diketahui entah itu dari pengajar, dari proses belajar, ataupun dari siswanya sendiri.

·         FEEDBACK

-          Mengapa feedback masuk ke dalam sebuah system ? feedback adalah salahsatu cara untuk mengetahui apakah sesuatu ilmu ataupun yang dikasih oleh pengajar sesuai atau tidak dan juga mengetahui tujan yang hendak dituju tercapai atau tidak. Sebagai contoh, seorang guru memiliki tujuan bahwa ia ingin anak muridnya tau mengenai hewan sapi. Lau guru tersebut menjelaskan tentang suara hewan sapi lalu sang anak senang dan ingin mengetahui bagaimana wujud sapi tersebut.

Dapat diketahui bahwa, feedback adalah tolak ukur apakah media dan        cara mengajar kita dapat diterima oleh murid atau tidak.


Ø  Kesimpulan nya adalah, setiap komponen satu sama lain saling bekerja sama untuk mencapai tujuan/ kompetensi yang telah ditetapkan
                           

                                                                

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL DESAIN PEMBELAJARAN BELA H BANATHY

18 NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT KEMENDIKBUD

PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN MENYENANGKAN