ALIRAN PSIKOLOGI DALAM PEMBELAJARAN
ALIRAN HUMANISME
Pemberian kebebasan dalam individu membuat siswa berkesempatan untuk mengembangkan potensi diri, namun apabila tidak ada kontrol yang dilakukan oleh guru maka potensi tersebut tidak terahar bahkan dapat menjadi ke arah yg negatif. pada aliran humanisme ini guru berperan sebagai fasilitator atau menjadi pensupport apapun yang dibutuhkan oleh murid contohnya guru memberikan kebebasan dalam belajar seperti berdiskusi dan juga maju secara mandiri mempresentasikan apa yang sudah menjadi hasil dari diskusi tersebut.
aliran ini menekankan aspek
ALIRAN BEHAVIORISTIK
Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku, teori behavioristik dengan model S = R atau apapun yang diberikan guru (stimulus) dan apa yang diterima pembelajar (respon) harus dapat diamati dan diukur. teori ini mengutamakan pengukuran, sebab pengukuran merupakan suatu hal penting untuk melihat terjadi atau tidaknya perubahan tingkah laku tersebut.
aliran ini menekankan aspek
ALIRAN KOGNITIVISME
Aliran ini mengatakan, bahwa belajar tidak sekedar melibatkan antara stimulus dan respon .ilmu pengetahuan dibangun melalui proses interaksi yang bersinambungan dengan lingkungan . dari lingkungan tersebut siswa dapat memperoleh banyak ilmu sosial. aliran ini tidak berjalan secara patah patah, tapi melalui proses yang mengalir dan menyeluruh.
aspek yang ditekankan
Aliran ini mengatakan bahwa berfikir secara individu karena fikiran tiap tiap orang berbeda, berfikir secara kolaboratif lebih baik karena memungkinkan mendapatkan ilmu lebih dari orang lain contohnya debat ataupin diskusi. dan juga apapun yang diberikan harus bermakna bagi kehidupan .
aspek yang ditekankan
ALIRAN CIBERNETIK
Aliran ini yang memulai adanya pembelajaran dengan sistem online,semua diatur dalam sistem yang telah dirancang dan disusun secara teratur. penggunaan teknologi yang canggih ini menyebabkan kesalahan pemeriksaan yang sangat kecil. pembelajaran secara sistem ini mempermudah siswa belajar dimana saja dan kapan saja.
aspek yang ditekankan
Demikian aliran psikologis dalam pembelajaran, aliran tersebut dirancang guna membuat suatu desain pembelajaran yang nantinya mempengaruhi kurikulum , strategi pembelajaran dan evaluasi
Pemberian kebebasan dalam individu membuat siswa berkesempatan untuk mengembangkan potensi diri, namun apabila tidak ada kontrol yang dilakukan oleh guru maka potensi tersebut tidak terahar bahkan dapat menjadi ke arah yg negatif. pada aliran humanisme ini guru berperan sebagai fasilitator atau menjadi pensupport apapun yang dibutuhkan oleh murid contohnya guru memberikan kebebasan dalam belajar seperti berdiskusi dan juga maju secara mandiri mempresentasikan apa yang sudah menjadi hasil dari diskusi tersebut.
aliran ini menekankan aspek
- kebebasan individu
- berorientasi pada siswa
- guru sebagai fasilitator
ALIRAN BEHAVIORISTIK
Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku, teori behavioristik dengan model S = R atau apapun yang diberikan guru (stimulus) dan apa yang diterima pembelajar (respon) harus dapat diamati dan diukur. teori ini mengutamakan pengukuran, sebab pengukuran merupakan suatu hal penting untuk melihat terjadi atau tidaknya perubahan tingkah laku tersebut.
aliran ini menekankan aspek
- pengelolaan kondisi belajar untuk perubahan perilaku siswa
- perubahan perilaku belajar harus diamati
- S = R
ALIRAN KOGNITIVISME
Aliran ini mengatakan, bahwa belajar tidak sekedar melibatkan antara stimulus dan respon .ilmu pengetahuan dibangun melalui proses interaksi yang bersinambungan dengan lingkungan . dari lingkungan tersebut siswa dapat memperoleh banyak ilmu sosial. aliran ini tidak berjalan secara patah patah, tapi melalui proses yang mengalir dan menyeluruh.
aspek yang ditekankan
- tingkat perkembangan siswa dipengaruhi oleh
- kematangan intelektual
- interaksi dengan lingkungan
- belajar dengan orang lain
Aliran ini mengatakan bahwa berfikir secara individu karena fikiran tiap tiap orang berbeda, berfikir secara kolaboratif lebih baik karena memungkinkan mendapatkan ilmu lebih dari orang lain contohnya debat ataupin diskusi. dan juga apapun yang diberikan harus bermakna bagi kehidupan .
aspek yang ditekankan
- belajar dengan pengalaman konkrit kontekstual dan bermakna
ALIRAN CIBERNETIK
Aliran ini yang memulai adanya pembelajaran dengan sistem online,semua diatur dalam sistem yang telah dirancang dan disusun secara teratur. penggunaan teknologi yang canggih ini menyebabkan kesalahan pemeriksaan yang sangat kecil. pembelajaran secara sistem ini mempermudah siswa belajar dimana saja dan kapan saja.
aspek yang ditekankan
- belajar secara sistematis dan sistemik
Demikian aliran psikologis dalam pembelajaran, aliran tersebut dirancang guna membuat suatu desain pembelajaran yang nantinya mempengaruhi kurikulum , strategi pembelajaran dan evaluasi
Komentar
Posting Komentar