ALIRAN PSIKOLOGI DALAM PEMBELAJARAN

ALIRAN HUMANISME
     Pemberian kebebasan dalam individu membuat siswa berkesempatan untuk mengembangkan potensi diri, namun apabila tidak ada kontrol yang dilakukan oleh guru maka potensi tersebut tidak terahar bahkan dapat menjadi ke arah yg negatif. pada aliran humanisme ini guru berperan sebagai fasilitator atau menjadi pensupport apapun yang dibutuhkan oleh murid contohnya guru memberikan kebebasan dalam belajar seperti berdiskusi dan juga maju secara mandiri mempresentasikan apa yang sudah menjadi hasil dari diskusi tersebut.

aliran ini menekankan aspek
  • kebebasan individu
  • berorientasi pada siswa
  • guru sebagai fasilitator

ALIRAN BEHAVIORISTIK
    Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku, teori behavioristik dengan model S = R atau apapun yang diberikan guru (stimulus) dan apa yang diterima pembelajar (respon) harus dapat diamati dan diukur. teori ini mengutamakan pengukuran, sebab pengukuran merupakan suatu hal penting untuk melihat terjadi atau tidaknya perubahan tingkah laku tersebut. 

aliran ini menekankan aspek 
  • pengelolaan kondisi belajar untuk perubahan perilaku siswa
  • perubahan perilaku belajar harus diamati
  • S = R

ALIRAN KOGNITIVISME
  Aliran ini mengatakan, bahwa belajar tidak sekedar melibatkan antara stimulus dan respon .ilmu pengetahuan dibangun  melalui proses interaksi yang bersinambungan dengan lingkungan . dari lingkungan tersebut siswa dapat memperoleh banyak ilmu sosial. aliran ini tidak berjalan secara patah patah, tapi melalui proses yang mengalir dan menyeluruh.

aspek yang ditekankan
  • tingkat perkembangan siswa dipengaruhi oleh 
  1. kematangan intelektual
  2. interaksi dengan lingkungan
  3. belajar dengan orang lain 
ALIRAN KONSTRUKTIVISME
   Aliran ini mengatakan bahwa berfikir secara individu karena fikiran tiap tiap orang berbeda, berfikir secara kolaboratif lebih baik karena memungkinkan mendapatkan ilmu lebih dari orang lain contohnya debat ataupin diskusi. dan juga apapun yang diberikan harus bermakna bagi kehidupan .

aspek yang ditekankan
  • belajar dengan pengalaman konkrit kontekstual dan bermakna 

ALIRAN CIBERNETIK
   Aliran ini yang memulai adanya pembelajaran dengan sistem online,semua diatur dalam sistem yang telah dirancang dan disusun secara teratur. penggunaan teknologi yang canggih ini menyebabkan kesalahan pemeriksaan yang sangat kecil. pembelajaran secara sistem ini mempermudah siswa belajar dimana saja dan kapan saja.

aspek yang ditekankan
  • belajar secara sistematis dan sistemik


Demikian aliran psikologis dalam pembelajaran, aliran tersebut dirancang guna membuat suatu desain pembelajaran yang nantinya mempengaruhi kurikulum , strategi pembelajaran dan evaluasi
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL DESAIN PEMBELAJARAN BELA H BANATHY

18 NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT KEMENDIKBUD

PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN MENYENANGKAN